Memori Hp Android Realme Cepat Penuh? Ini 10 Tips Yang Bisa Kamu Lakukan

Perfectselfie.id – Realme, sebuah produsen smartphone yang berasal dari Tiongkok, telah mengukuhkan dirinya sebagai pemain kunci di pasar smartphone dunia. Dengan berbagai varian smartphone yang terjangkau dan berkualitas, Realme berhasil memenangkan hati pengguna di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Namun, seperti halnya perangkat Android lainnya, beberapa varian lama dari Realme, seperti C1, C2, dan Realme 2, sering kali mengalami masalah memori internal penuh.

Masalah ini tidak hanya mengurangi ruang penyimpanan untuk aplikasi dan data, tetapi juga dapat mempengaruhi kinerja perangkat secara keseluruhan. Untuk membantu Anda mengatasi masalah ini, kami telah merangkum beberapa tips dan trik untuk mengoptimalkan penggunaan memori internal pada smartphone Realme Anda.

Memori penyimpanan yang cepat habis / penuh lebih sering terjadi pada ponsel dengan kapasitas memori di bawah 32GB. Hal tersebut berasalan karena kapasitas tersebut terbilang cukup kecil.

Dilihat dari perkembangan dunia digital saat ini, kebutuhan penyimpanan semakin banyak untuk jepretan foto dan instalasi game. Kondisi tersebut diperparah dengan abainya pengguna terhadap penumpukan file sampah. Selengkapnya Anda bisa simak beberapa faktor yang menyebabkan memori penuh di bawah ini.

  • Tidak pernah membersihkan file cache – Penumpukan file sampah / cache yang berlebihan juga dapat menyebabkan memori penuh. Hal inilah yang terkadang diabaikan oleh pengguna Realme. Setidaknya bersihkan file cache seminggu atau sebulan sekali untuk menjaga agar ponsel Realme tetap stabil dan optimal saat digunakan.
  • Penumpukan file berkas dan media – Penumpukan file berkas dan media seperti dokumen, foto, gambar, video, audio, dan sejenisnya juga menyebabkan memori internal penuh. Cek aplikasi File Manager pada ponsel Realme Anda, berapa banyak jepretan kamera yang Anda lakukan dan berapa banyak kiriman file WhatsApp yang Anda terima.
  • Duplikasi file yang tidak pernah di cek – Terkadang file yang Anda miliki tersalin karena mengunduh atau mengirim file berkali-kali. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya duplikasi file. Untuk melihatnya, Anda bisa cek menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Files by Google.
  • Adanya file tersembunyi dengan ukuran besar – Kemungkinan lain terdapat file tersembunyi yang tidak Anda tahu sehingga menyebabkan memori internal penuh. Untuk memastikannya, Anda bisa cek File Manager atau Galeri ponsel Realme. Cobalah untuk menampilkan semua file, termasuk file tersembunyi.
  • Unduhan video offline YouTube – Unduhan video offline YouTube juga dapat menyebabkan memori internal penuh. Jika Anda merasa memiliki unduhan video YouTube, sebaiknya hapus atau kurangi unduhan tersebut.
  • Memasang aplikasi dengan ukuran besar – Aplikasi dan game kebanyakan memiliki ukuran yang relatif besar. Terutama game moba yang ukuran instalasinya di atas 1GB.
  • Tidak menggunakan memori eksternal – Memori internal cepat habis / penuh diperparah dengan tidak memasang memori eksternal (MicroSD) untuk simpanan file berkas dan media. Anda tidak bisa menyimpan semua file berkas dan media ke memori internal apabila memori internal saja sangat kecil (di bawah 32GB). Anda perlu melakukan ekspansi dengan memasang memori eksternal.
  • dll.

Cara mengatasi memori internal Realme penuh

Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, saatnya melakukan perubahan dengan membersihkan semua hal yang menyebabkan memori penuh. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan mulai dengan membersihkan file cache, menghapus aplikasi / game, menghapus file berkas dan media, serta melakukan ekspansi dengan menambah memori eksternal. Selengkapnya Anda bisa simak dan ikuti panduan berikut ini.

1. Periksa Penggunaan Memori Aplikasi

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa penggunaan memori oleh aplikasi di perangkat Anda. Buka pengaturan, pilih “Aplikasi” atau “Manajer Aplikasi,” dan lihat daftar aplikasi yang terinstal. Anda akan melihat berapa banyak ruang yang digunakan oleh setiap aplikasi. Hapus aplikasi yang jarang Anda gunakan atau gantilah dengan versi yang lebih ringan jika memungkinkan. Beberapa aplikasi memiliki versi lite yang dirancang untuk perangkat dengan spesifikasi rendah dan membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih sedikit.

2. Hapus Berkas Sampah dan Cache

Setiap aplikasi di smartphone Android menyimpan berkas sementara atau cache untuk mempercepat proses penggunaan berulang. Namun, seiring waktu, berkas-berkas ini dapat mengambil sejumlah besar ruang penyimpanan. Anda dapat membersihkan cache dan berkas sampah dengan pergi ke pengaturan, memilih “Penyimpanan,” dan memilih “Berkas Sampah” atau “Cache.” Pilih “Hapus” untuk membersihkan ruang penyimpanan dan meningkatkan kinerja perangkat Anda.

3. Gunakan Kartu SD untuk Penyimpanan Eksternal

Jika perangkat Realme Anda memiliki slot kartu SD, pertimbangkan untuk menggunakan kartu SD sebagai penyimpanan eksternal. Pindahkan foto, video, dan file lainnya ke kartu SD untuk membebaskan ruang di memori internal. Selain itu, pastikan aplikasi yang mendukung instalasi di kartu SD diatur untuk diinstal ke kartu SD daripada memori internal. Anda dapat mengatur ini melalui pengaturan aplikasi individual di “Manajer Aplikasi.”

4. Nonaktifkan atau Hapus Aplikasi Bawaan yang Tidak Digunakan

Smartphone Realme sering kali dilengkapi dengan aplikasi bawaan atau pre-installed apps yang mungkin tidak semuanya Anda butuhkan. Beberapa dari aplikasi ini tidak dapat dihapus, tetapi beberapa dapat dinonaktifkan. Pergi ke pengaturan, buka “Aplikasi,” pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan, dan pilih “Nonaktifkan.” Ini akan menghentikan aplikasi tersebut dari berjalan di latar belakang dan menghemat ruang penyimpanan.

5. Gunakan Pengelola Berkas untuk Mengelola Data dengan Efisien

Pengelola berkas adalah alat yang sangat berguna untuk mengelola file dan folder di perangkat Android Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi pengelola berkas dari Google Play Store atau yang disertakan dengan perangkat Anda. Dengan pengelola berkas, Anda dapat dengan mudah memindahkan, menghapus, dan mengatur file sehingga Anda dapat memanfaatkan ruang penyimpanan secara optimal.

6. Perbarui Sistem Operasi dan Aplikasi

Sistem operasi dan aplikasi terbaru sering kali datang dengan perbaikan dalam pengelolaan memori dan pengoptimalan kinerja. Pastikan Anda selalu menjaga perangkat dan aplikasi Anda diperbarui ke versi terbaru. Perbarui perangkat lunak melalui pengaturan, biasanya di bagian “Tentang Telepon” atau “Pembaruan Perangkat Lunak.” Selain itu, atur aplikasi untuk diperbarui secara otomatis melalui Google Play Store.

7. Gunakan Mode Hemat Baterai

Mode hemat baterai pada smartphone Realme dapat membantu mengoptimalkan penggunaan memori dan daya baterai. Aktifkan mode hemat baterai melalui pengaturan atau panel notifikasi untuk mengurangi konsumsi daya aplikasi yang berjalan di latar belakang. Mode ini biasanya membatasi pembaruan aplikasi, sinkronisasi, dan notifikasi, yang dapat membantu mengurangi beban pada memori internal.

8. Pastikan Tidak Ada Aplikasi Berjalan di Latar Belakang Tanpa Izin

Beberapa aplikasi memiliki kebiasaan berjalan di latar belakang tanpa izin, yang dapat menghabiskan memori dan daya baterai secara tidak perlu. Periksa pengaturan aplikasi Anda dan pastikan tidak ada aplikasi yang berjalan di latar belakang tanpa izin. Anda dapat mengatur izin aplikasi melalui pengaturan, biasanya di bawah “Izin Aplikasi” atau “Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang.”

9. Pertimbangkan Pengaturan Ulang Pabrik (Factory Reset)

Jika semua upaya di atas tidak memberikan hasil yang diinginkan dan perangkat Anda masih mengalami masalah memori internal penuh, pertimbangkan untuk melakukan pengaturan ulang pabrik. Sebelum melakukan pengaturan ulang pabrik, pastikan Anda telah mencadangkan data penting Anda, karena pengaturan ulang pabrik akan menghapus semua data dari perangkat Anda. Anda dapat melakukan pengaturan ulang pabrik melalui pengaturan, biasanya di bawah “Pemulihan” atau “Cadangkan dan Reset.”

Dengan mengikuti tips dan trik ini, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan memori internal pada smartphone Realme Anda dan memastikan perangkat tetap berkinerja optimal. Selain itu, praktik-praktik ini juga dapat membantu Anda mengelola ruang penyimpanan dengan bijak dan memastikan Anda memiliki cukup ruang untuk aplikasi, foto, video, dan file lainnya. Dengan memanfaatkan fitur-fitur dan pengaturan yang ada, Anda dapat merasakan pengalaman menggunakan smartphone Realme yang lancar dan tanpa hambatan.

Penutup,

Dengan mencoba beberapa tips di atas, diharapkan masalah ruang penyimpanan hampir habis / penuh dapat teratasi dengan baik. Masalah memori penuh sebenarnya bukan masalah berat dan tidak perlu ditakutkan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membersihkan file cache, menghapus atau memindahkan data, serta uninstall aplikasi. Selain itu, Anda bisa menambah kapasitas penyimpanan dengan memasang memori eksternal.

Itulah tips singkat dari saya dalam mengatasi memori internal Realme yang penuh, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Bagikan artikel ke media sosial Anda agar orang lain ikut terbantu. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *